Jakarta- PosJak.Com.Effy Kuswita Presiden Lions Club Maharani District 307-B1   di dukung dengan  Lions club Jakarta Kebayoran sangat peduli kesehatan sehingga kembali  gelar sosialisasi kemanusiaan dengan pemeriksaan gratis IVA,Papsmer yang bekerja sama dengan Yayasan Peduli Kanker Indonesia di Jalan Terusan Hang Lekir 4 ,Kelurahan Grogol Selatan RW 08 Simprug ,Kebayoran Baru Selasa  ( 29/1/2019).

Ditambah dengan adanya pembagian sembako   lebih membuat warga merasa terbantu   , semua yang hadir tampak mengikuti seluruh rangkaian penyuluhan akan bahayanya penyakit kanker serviks  apabila tidak di lakukan pemeriksaan secara rutin  yaitu satu tahun sekali minimal.

Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim. Kanker ini terjadi saat ada sel-sel di leher rahim alias serviks yang tidak normal, dan berkembang terus dengan tidak terkendali.

Sel-sel abnormal tersebut bisa berkembang dengan cepat sehingga mengakibatkan tumor pada serviks.

Tumor yang ganas nantinya berkembang jadi penyebab kanker serviks.Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang paling banyak terjadi pada wanita di seluruh dunia.

Menurut data Kementerian Kesehatan RI, setidaknya terjadi 15000 kasus kanker serviks setiap tahunnya di Indonesia.

Namun, tes pap smear yang rutin dapat membantu mengetahui adanya kanker serviks secara dini. Sayangnya, kanker serviks jarang menunjukkan gejala pada tahap awal.

Gejala baru muncul saat kanker sudah mulai menyebar dan memasuki tahap stadium lanjut. Dalam banyak kasus, kanker serviks berkaitan dengan infeksi menular seksual (IMS).

Pada tahap awal, wanita dengan kanker serviks awal dan pre-kanker tidak akan mengalami gejala. Pasalnya, kanker serviks tidak menunjukkan gejala hingga tumor terbentuk. Tumor kemudian bisa mendorong organ di sekitar dan mengganggu sel-sel sehat.

Banyak dari para ibu ibu tampak kwatir akan kesehatannya , sehingga yang tadinya tidak pernah peduli akan kesehatannya berubah menjadi ingin memeriksakan dirinya.

Kegiatan kemanusiaan ini sangat mendapat respon positif dari warga setempat terutama para ibu muda, tampak tamu yang hadir sekitar 60  orang , yang melakukan pemeriksaan  terdata 35  orang semua karena terbatasnya waktu , menurut pantauan wartawan yang hadir.

Dalam sambutannya Effy Kuswita mengatakan ,Pemeriksaan IVA dan Papmers yang mendeteksi kanker serviks sejak dini ini seringkali di abaikan padahal pemeriksaan ini sangat penting sekali, itu sebabnya saya ingin agar semua kalangan masyarakat bisa sadar akan pentingnya kesehatan dan Alhamdulilah  pada saat  ini semua ibu ibu sudah bersedia untuk di periksa pada acara peduli kesehatan  ini dengan rela menunggu giliran untuk di periksa Papsmer ,ucapnya .

Dia mengatakan lagi ,Penyuluhan  semacam ini bukan di adakan hari ini saja tapi akan berlanjut agar semua masyarakat lebih peduli pada kesehatannya dan tentunya saya ingin agar semua bebas dari penyakit yang mematikan  dan  yang menjadi momok terutama bagi kaum perempuan , rencananya kita juga akan mengadakan untuk pemeriksaan colesterol,gula darah secara gratis juga,lanjutnya .

Sugyatmo selaku tokoh masyarakat , saya merasa senang dengan adanya kegiatan bakti sosial peduli kanker serviks di Kelurahan Grogol Selatan ini ,saya berharap acara ini di adakan secara rutin ,saya ucapkan terimaksih kepada Ibu Effy Kuswita selaku Presiden Lions Maharani  dan Yayasan Kanker Indonesia yang sudah peduli pada warga 08 ini ,tuturnya ketika diwawancarai usai acara.

Kegiatan yang bekerjasama dengan Yayasan Peduli Kanker Indonesia ini memberikan fasilitas alat yang canggih secara gratis dan tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi seluruh kaum perempuan.

Sri Sujianto selaku Pihak dari Yayasan Kanker Peduli Indonesia dalam penyuluhannya menjelaskan , bahwa penyuluhan ini tujuannya adalah agar masyarakat khususnya kaum perempuan dapat lebih sadar akan kesehatannya.Nah kita dari yayasan Kanker ini membantu pemeriksaan secara gratis yang hasilnya dapat di ketahui dalam waktu 3 menit saja.

Karena potensi terkena Kanker Serviks proses terdeteksinya adalah bisa dalam kurun waktu 15-20 tahun , tuturnya dalam sesi penyuluhan kepada warga setempat, pungkasnya.

“Dari pihak yayasan sendiri akan selalu mensupport setiap kegiatan yang di adakan oleh lions club Maharani ini, di manapun saja , tutupnya.

( Elizabeth )